KUDA PONI

Kuda Poni adalah jenis kuda yang berukuran kecil. Tingginya dari tanah sampai ke punggung kurang dari 14 tangan (142 cm). Leluhur dari kuda peliharaan yang masih liar memiliki ukuran hanya sebesar ini tetapi setelah dijinakkan maka berkembang kuda yang kuat untuk diternakkan.


Hingga saat ini, masih banyak orang yang menggunakan kuda sebagai alat transportasi. Kuda banyak membantu tugas manusia. Kuda poni ini biasanya juga digunakan sebagai kuda tunggang di tempat-tempat rekreasi yang per-kitarannya seharga Rp. 20000. Hewan ini pemakan rumput, bila dalam keadaan terpaksa mereka dapat pula memakan daun dan tunas muda. Disamping itu kuda memiliki penglihatan dan pendengaran yang tajam.
Kuda termasuk mamalia berkuku ganjil. Kuda, keledai dan zebra memiliki kesamaan yang membedakannya hanyalah kulit saja.


Perbedaan pokok terletak pada besar dan bentuk telinga, semua kuda memiliki bulu surai yang tegak dan suatu garis gelap memanjang di punggung. Berkembangnya jenis kuda poni yang sedikit berbeda namun semuanya cenderung bersifat kuat dan mandiri, inilah yang merupakan ciri kuda poni sekarang.

Di inggris, kuda poni yang terkecil adalah jenis Shetland, yang berukuran sekitar 7 tangan. Jenis yang paling kuno adalah kuda poni Exmoor yang mirip dengan kuda yang biasanya digunakan oleh para penduduk Inggris sebelum zaman Romawi. Kuda poni yang biasanya di gunakan untuk kuda tunggang adalah jenis New Forest dan Welsh yang terkenal
Banyak orang yang berpikir bahwa mereka ingin memiliki kuda poni.


Akan tetapi, kuda poni ini sangat membutuhkan biaya dan perhatian yang besar untuk pemeliharaannya. Seekor kuda poni yang ditinggal sendirian di lapangan akan merasa tidak senang dan menjadi tidak sehat. Maka itu kuda poni harus di tempatkan di tempat yang lebih aman agar dapat bertahan hidup dengan sedikit makanan. Sumber : Oxford Ensiklopedi Pelajar, 2002

1 komentar:

Wijaya Kususmah mengatakan...

bisa kasih tau ga kisaran harga kuda poni asli ga????

Poskan Komentar

 
Copyright 2009 HORSE HERD
Design by BloggerThemes